Sabtu, 05 Maret 2011

Rasionalitas Awam

Ketika semangat rasionalitas bergema dan nyaris memasuki semua bidang kehidupan, bahkan agamapun tak luput dari semangat itu. Saya sebagai seorang awam dengan segala keterbatasan pengetahuan dan pemikiran dan tentunya juga pengalaman merasa ada sebuah kenyamanan tersendiri ketika saya ikut secara “diam diam” arus semangat itu. Kita sebagai makhluk yang di bekali akal pikiran sudah sepantasnya dan bahkan merupakan sebuah keharusan untuk mengeksploitasi akal pikiran itu, sebebas bebasnya bahkan mungkin kalau boleh saya memakai istilah “seliar liarnya”. Tanpa ada yang bisa membatasi, bahkan dogma agama sekalipun. Tetapi ada sebuah ganjalan dalam hati saya, sekali lagi karena saya orang awam dengan segala keterbatasannya. Haruskah akal pikiran di tempatkan di atas segala galanya? Haruskah orang awam seperti saya ini mengeksploitasi akal pikiran tanpa batas? Mampukah dengan segala keterbatasan yang saya miliki?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar